Selasa, 09 April 2019

Simak Peneliti Temukan Sumber Metana, Tanda Kehidupan di Mars

Team ilmuwan paduan mengonfirmasi kehadiran metana di Mars. Kandungan metana diketemukan melalui penilaian dari dua pesawat ruangan angkasa yang sudah terdeteksi mulai sejak 15 tahun kemarin.

Bukti penemuan metana jadi perbincangan masalah peluang Mars dapat di huni manusia. Banyak pakar percaya susunan es di sisi timur kawah Gale yang dipercayai menjadi danau kering yaitu tempat sumber metana di Mars.

Baca Juga : Pengertian Data

Tidak cuman dapat memberi dukungan kehidupan manusia, kandungan metana juga dapat diperlukan menjadi bahan bakar, material industri, sampai sumber daya roket pendorong untuk misi ruangan angkasa. " Ini amat menarik serta mengagetkan. Dua jalan investigasi mandiri memberikan indikasi ruangan sumber metana yang sama, " papar Marco Giuranna dari National Astrophysics Institute,

Roma seperti dikutip AFP. Laporan yang keluar di Nature Geoscience mencatat pada 16 Juni 2013 lantas pengumpulan bukti-bukti pesawat Mars Express punya Tubuh Antariksa Uni Eropa (ESA) mengukur 15, 5 sisi per miliar di atmosfer atas kawah Gale. Untuk menguji keabsahan penemuan ini, pengamatan membagi daerah di seputar kawah Gale jadi 250x250 km. persegi. Munculnya metana di ruangan itu lantas di konfirmasi oleh rover perayap Curiosity punya NASA dalam saat 24 jam. Sejuta skenario emisi mode computer untuk tiap-tiap sisi lantas dilakukan untuk menguji penemuan ini.

Sesaat periset yang lain mendalami gambar permukaan Mars untuk dibanding dengan tanda-tanda feature sama sebagai tempat metana dilepaskan di Bumi.

Akhirnya, team periset percaya apabila metana beku dibawah komposisi bebatuan yang dipercayai keluarkan gas saat periode khusus ke atmosfer. Metana jadi gas yang terjadi lewat cara alami serta jadi produk sambilan proses dari organik seperti kotoran hewan atau gas buang manusia.

Artikel Terkait : Pengertian Sistem Informasi

Biarpun metana jadi isyarat khusus ada kehidupan di Bumi, akan tetapi perihal sama peluang tdk berlalu di Mars. Peluang ada kandungan metana tidak selamanya bisa dikaitkannya dengan kehadiran makhluk hidup, seperti dalam di Bumi. "

Metana penting lantaran dapat jadi sinyal kehidupan mikroba. Namun, metana juga dapat muncul lantaran proses abiotik hingga kehidupan tdk dapat jadi anjuran kejadian ini, " kata Giuranna. Biarpun tdk memilki jalinan langsung dengan kehidupan, Giuranna menjelaskan apabila kehadiran metana jadi sinyal kelayakan Mars untuk di huni. Menurut dia, diperlukan pengamatan seterusnya untuk memahami persentase metana di susunan es dekat kawah Gale.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar