Selasa, 09 April 2019

Karena Sampah Plastik Mi Instan Usia 19 Tahun Ditemukan di Pantai

Poto paket plastik mi instant berumur 19 tahun viral di Twitter. Umur paket plastik ini teridentifikasi lantaran ada tulisan 'Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku'.

Poto viral ini diupload oleh Fianisa Tiara Pradani lewan account Twitternya @selfeeani. Sampai kini cuitan udah dicuit lagi sekitar 70 ribu kali serta digemari sekitar 35, 3 ribu kali.

Terhadap CNNIndonesia. com, mahasiswi Program Studi Kelautan Kampus Brawijaya menjelaskan menemukannya sampah ini di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dia mengaku kerap menyatukan sampah di pesisir laut saat tengah senggang.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot

Memang saya jarang upload poto, namun Indomie 19 tahun itu menarik. Saya pula awalannya tahu lantaran ada tulisan 'Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku'. Jadi saya kenal kalaupun ini umurnya 19 tahun, " tutur Fianisa waktu dihubungi CNNIndonesia. com, Senin (8/4) .

Fianisa menjelaskan bungkus Indomie ini dapat kirim ke Aceh buat kebutuhan iklan pelayanan orang.

" Pengen dikirim ke Aceh buat iklan pelayanan orang biar muncul kesadaran orang. Di Twitter, ada yg mohon plastik ini biar kirim ke Aceh, " kata Fianisa.

Tidak hanya bungkus mi instant, Fianisa pula menemukannya beragam jenis sampah beda. Dimulai dari botol plastik, bolpoin, sedotan, bungkus paket jajanan, sampai filter rokok. Dia menyatakan terasa tragis sampah plastik dapat bertahan sepanjang hampir 20 tahun.

Fianisa menjelaskan umur bungkus Indomie itu lebih lama dibanding usianya sendiri. Dia menjelaskan gak terlintas berapakah banyak sampah di Bumi serta lamanya waktu yg diperlukan plastik biar terurai.

" Susah serta tragis, khususnya terasa tertampar lantaran penemuan bungkus itu menyadarkan kalaupun plastik memang tahan lama di alam dan saya serta orang beda di bumi ini memakai plastik di kesibukan setiap harinya, " tutur Fianisa.

Dihubungi terpisah, Manajer Program Pergerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) Dithi Sofia menjelaskan rata-rata sampah plastik baru dapat terurai dari beberapa puluh tahun sampai beberapa ratus tahun.

Artikel Terkait : Contoh Teks Eksplanasi

Dithi menjelaskan bungkus mi instant pula susah didaur lagi lantaran berbahan tipis serta merk dagang Indomie udah tercetak pada bungkus.

" Rata-rata plastik itu butuh beberapa ratus tahun buat terurai. Bungkus ini susah terurai serta juga susah didaur lagi,  lantaran berbahan tipis, udah ada cetakan merk. Kalaupun paket bumbunya itu plastik berlapis (lebih tebal) , yg lebih susah terurai serta didaur lagi, " kata Dithi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar