Senin, 08 April 2019

Karena Ujian Nasional SMA Hari Pertama Berjalan Lancar

Realisasi hari pertama Ujian Nasional (UN) tahap pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) berjalan mulus.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Puspendik Kemendikbud) Moch. Abduh, dari pelbagai persiapan yg udah dijalankan, diprediksikan tak ada soal.

Persiapan itu antara lain kursus teknisi serta proktor, kursus help desk, kesibukan simulasi serta gladi bersih UN.

Baca Juga : Contoh Cerpen Singkat

" Hingga sampai sekarang ini belumlah ada laporan dari posko UN di Kemendikbud perihal rintangan realisasi UN ini hari, ” Abduh kala mengikuti Mendikbud Muhadjir Effendy, mengawasi realisasi UN di Kota Makassar, Senin (1/4) .

Abduh menyarankan beberapa siswa peserta ujian nasional berbasiskan computer (UNBK) tidak untuk cemas jika ada problem tehnis kala pelaksanaan ujian. Sebab prosedur UNBK tak full online akan tetapi semi online.

Pemakaian jaringan internet, menurut Abduh, dimanfaatkan cuma saat proses pengaturan, ialah mengambil masalah dari server manager pusat ke server lokal (sekolah) .

“Setelah masalah itu terunduh di server lokal sekolah, jadi diteruskan dengan memasukkan nomer token yg dikasihkan oleh pusat. Masalah ini ter-enkripsi. Masalah tidak bisa dibuka kalau tak memasukkan nomer token itu, ” katanya.

Nomer token ini, jelas Abduh, dikasihkan pada sekolah 10-15 menit sebelum ujian di awali.

“Jika ada problem pengiriman token dengan online jadi nomer token itu dapat diantar lewat sms blast, " katanya.

Artikel Terkait : Novel Adalah

Dengan demikian, tempat siswa kala lakukan masalah ujian di kelas akan tidak terganggu koneksi jaringan, sebab sepanjang siswa lakukan ujian itu di kelas tempat computer off line.

Dimana koneksi computer client dengan server lokal tersambung lewat kabel.

Selesai tuntas lakukan masalah ujian, jadi masalah serta jawaban itu dikirim dari computer client ke server lokal sekolah serta tempat masih tetap off line.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar